Coretan Kecil

  • Home
  • about me
  • Home
  • kuliner
  • Tradisi Daerah
  • Minangkabau

Saturday, 13 December 2014

MODEL MODEL INTERAKSI



BAB I
PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang
Interaksi adalah suatu jenis tindakan atau aksi yang terjadi sewaktu dua atau lebih objek mempengaruhi atau memiliki efek satu sama lain.
Para perancang antarmuka manusia dan komputer berharap agar sistem komputer yang dirancangnya dapat bersifat akrab dan ramah dengan penggunanya (user friendly). Untuk membuat antarmuka yang baik dibutuhkan pemahaman beberapa bidang ilmu.
Sebenarnya tanpa kita sadari penggunaan keyboard ataupun mouse merupakan suatu interaksi manusia dengan computer yang dapat ditampilkan melalui layer monitor. Selain itu contoh penerapannya terdapat pada bidang bisnis yaitu Suatu perusahaan software membuat produk baru yang lebih memudahkan user dalam memenuhi kebutuhan dibandingkan dengan produk sebelumnya.

B.     Rumusan Masalah
1.      Apa saja model- model dari interaksi?
2.      Apa itu ergonomi?
3.      Apa saja tipe- tipe dari interaksi?
4.      Apa saja yang termasuk kedalam konteks interaksi?

C.    Tujuan
Makalah ini penulis buat bertujuan agar penulis khususnya, mahasiswa dan pembaca umumnya dapat menguasai dan memahami tentang interaksi manusia dan computer. Selain itu juga sebagai salah satu tugas terstruktur dalam mata kuliah interaksi manusia dan computer.


BAB II
PEMBAHASAN
Interaksi manusia dan komputer adalah sebuah hubungan antara manusia dan komputer yang mempunyai karakteristik tertentu untuk mencapai suatu tujuan tertentu dengan menjalankan sebuah sistem antarmuka (interface).
A.     Model - model Interaksi
Model Interaksi berfungsi untuk mempermudah user memahami sistem pada komputer. Model Interaksi dibagi atas:

1)      Model Konsep
Menerangkan tentang sistem yang dicadangkan dalam bentuk ide dan konsep yang dimiliki sistem, seperti bagaimana perlakuan sistem, dan bagaimana pengguna berinteraksi dengan sistem. Sehingga user dapat memahami dan sesuai dengan keinginan user.

2)      Model Matematika
Model matematika untuk tujuan tertentu pada sistem interaktif, digunakan untuk menjelaskan properti kegunaan pada level umum.

3)      Formal model PIE
Formal model PIE digunakan untuk mengekspresikan properti interkatif umum untuk mendukung tingkat kegunaan.

4)      Informal arsitektur interaktif (MVC, PAC, ALV)
Informal arsitektur interaktif (MVC, PAC, ALV) digunakan untuk memotivasi pemisahan dan modularisasi fungsionalitas dan presentasi.

5)      Semi-formal analisis status event
Semi-formal analisis status event digunakan untuk melihat potongan suatu sistem interaktif yang terentang pada beberapa layer.


6)      Mental model
Pemakai (user) dapat dikatakan sudah memiliki model mental terhadap system apabila ia telah memahami bagaimana system itu bekerja, apa saja komponen system tersebut, bagaimana hubungan, apa saja proses-proses internalnya, dan bagaimana operasi internal tersebut mempengaruhi komponen-komponennya.

B.     Ergonomi
Merupakan suatu bidang studi yang menangani perancangan kegiatan dan tugas yang cocok dengan kapasitas manusia dan limitnya serta faktor kenyamanan kerja seperti kenyamanan dari segi anatomi, psikologi, manajemen, tata letak ruang dan peralatan yang mudah dijangkau bagi manusia dalam melaksanakan aktifitasnya.

Aspek ergonomi berhubungan dengan aspek fisik untuk mendapatkan lingkungan kerja yang nyaman, misal : bentuk meja dan kursi kerja, layar tampilan, bentuk keyboard, posisi duduk, pengaturan lampu, kebersihan tempat kerja.

Keuntungan Penerapan Ergomomi:
1.      Produktifitas meningkat
  1. Aktifitas lebih baik karena adanya faktor kenyamanan layanan dalam melakukan pekerjaan.
  2. hasil kerja lebih baik karena sistem yang diopersikan lebih familiar
  3. Efisiensi dan efektif dalam pengoperasian sistem.

C.    Tipe Interaksi
1.                  Command Line Interface(CLI)

Model interaksi ini dianggap ketinggalan jaman dan termasuk salah satu model interaksi tersulit bagi para pengguna pemula. Dengan CLI, user memberikan instruksi secara langsung kepada komputer menggunakan tombol fungsi, karakter tunggal, command dalam bentuk singkat maupun panjang. Contoh : Linux, Unix(Terminal Console), Command Prompt

2.                  Menu
Bagi para pemula model interaksi ini lebih mudah digunakan, karena strukturnya lebih jelas dan letak yang mudah dikenali, kelemahan dari model ini adalah keterbatasan pilihan bagi para pengguna. Contoh : aplikasi pada windows dan sistem operasi lainnya

3.                  Natural Language
Model interaksi ini menekankan perintah dari pengguna kepada sistem dengan menggunakan bahasa “sehari hari”. Mungkin merupakan mekanisme komunikasi yang atraktif. Umumnya, komputer tidak dapat mengerti instruksi yang dituliskan dalam bahasa sehari-hari. Natural language dapat mengerti input tertulis (written input) dan suara (speech input). Namun masih ada kekurangan dalam hal ambiguity (kerancuan) pada aspek sintaks dan semantik. Contoh : Pascal, Cobol, C, C++

BAB III
PENUTUP

1.      Kesimpulan
Interaksi adalah suatu jenis tindakan atau aksi yang terjadi sewaktu dua atau lebih objek mempengaruhi atau memiliki efek satu sama lain.
Interaksi manusia dan computer memiliki 6 pembagian model model, yaitu Model Konsep, Model Matematika, Formal,  Model PIE, Informal arsitektur interaktif (MVC, PAC, ALV),  Semi-formal analisis status event , Mental model

2.      Saran
Penulis menyadari banyak terdapat kekeliruan dalam penulisan makalah ini, maka penulis mengharapkan masukan dan kritikan yang membangun dari para pembaca demi kesempurnaan makalah ini. Atas masukan kritikan dan sarannya penulis ucapkan terima kasih.

DAFTAR PUSTAKA

1.       http://blognyasaya-oq.blogspot.com/2011/03/interaksi-manusia-dan-komputer.html
2.       http://donizakaria.wordpress.com/2012/12/20/interaksi-manusia-dan-komputer/
3.      http://id.wikipedia.org/wiki/Interaksi
4.      http://bloganakfilkom.blogspot.com/2010/03/model-model-interaksi.html
5.      http://adell-groovy.blogspot.com/2010/04/model-model-sistem-interaksi-manusia.html

aa at Saturday, December 13, 2014
Share

0 comments:

Post a Comment

‹
›
Home
View web version

kenalan sama author

aa
View my complete profile

Copyright © Coretan Kecil | Powered by Blogger
Design by Hardeep Asrani | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com | Distributed By Gooyaabi Templates