Coretan Kecil

  • Home
  • about me
  • Home
  • kuliner
  • Tradisi Daerah
  • Minangkabau

Saturday, 13 December 2014

NOTASI DIALOG DAN DESIGN

 aa     Saturday, December 13, 2014     makalah imk     No comments   



BAB II
PEMBAHASAN
A.   APAKAH NOTASI DIALOG DAN DESIGN ITU?
Notasi Dialog dan Design adalah Pertukaran instruksi dan informasi antara user dan sistem komputer.
Dialog dalam konteks perancangan user interface adalah:
struktur dari percakapan antara user dan sistem computer
Bahasa komputer dapat dibagi atas tiga tingkatan:
1.      Leksikal
Ø  merupakan tingkat yang paling rendah
Ø  yaitu bentuk icon pada layar
Ø  pada bahasa manusia, ekuivalen dengan bunyi dan ejaan suatu kata

2.      Sintaksis
Ø  yaitu urutan dan struktur dari input dan output
Ø  pada bahasa manusia, ekuivalen dengan grammar suatu kalimat
3.      Semantik
Ø  yaitu arti dari percakapan yang berkaitan dengan pengaruhnya pada struktur data internal komputer dan/atau dunia eksternal.
Ø  pada bahasa manusia, ekuivalen dengan arti yang berasal dari para partisipan dalam percakapan
Dalam user  interface, istilah dialog hampir mirip dengan tingat sintaksis, tapi juga meliputi sifat-sifat leksikal.

Dialog manusia-komputer
·         Berbeda dengan dialog antar manusia pada umumnya, dialog dengan komputer biasanya terstruktur dan terbatas
  • Beberapa ciri-ciri dari dialog terstruktur yang nantinya ditemukan dalam dialog komputer:
-          menyebutkan beberapa hal tertentu secara berurutan
-          beberapa bagian dari dialog dilakukan secara bersamaan (concurrently)
-          dialog berikutnya tergantung pada respons dari partisipan
-          dialog terstruktur biasanya tidak langsung menuju pada arti kata-katanya / semantik tapi pada level sintaksis

PROSES PERANCANGAN DIALOG
Advice:
1.     
achieve
 
Rangkaian Dialog menggambarkan struktur tugas, i.e.
           1 rangkaian dialog                                1 goal

2.      Beberapa rangkaian dialog tambahan digunakan untuk user support, mis. help system, tutorial sub-sytem
3.      Rangkaian dialog diurutkan sesuai dengan struktur tugas

DFD untuk desain dialog







Contoh: Sistem Pemesanan Buku di Perpustakaan
·        Prinsip yang digunakan dalam desain dialog adalah membagi sistem menjadi beberapa bagian yang disebut module
·        Biasanya user access bukan merupakan bagian dari task description, tapi harus dimasukkan dalam sistem yang baru


·        Empat hal utama dalam desain yang harus diperhatikan dalam GUI metaphor:
-         Pemilihan dan representasi dari conceptual metaphor
-         Representasi dari obyek interaktif dalam metaphor
-         Perancangan manipulasi untuk mengimplemen-tasikan user action
-         Desain micro-metaphors untuk control action dan representasi dari commands

Dalam mendesain dialog, diperlukan deskripsi yang terpisah dari program secara keseluruhan.
Mengapa perlu digunakan notasi deskripsi dialog yang terpisah?
·        Agar mudah dianalisa
·        Pemisahan elemen-elemen interface dari logika program (semantik)
·        Apabila notasi dialog ditulis sebelum program dibuat, maka notasi tersebut bisa membantu desainer untuk menganalisa struktur yang diajukan.

NOTASI DIAGRAMATIK
·         Notasi diagramatik paling sering digunakan dalam desain dialog
·         Kelebihan:
Ø  Memungkinkan desainer untuk melihat secara sekilas struktur dialog
·         Kekurangan:
Ø  Sulit untuk menjelaskan struktur dialog yang lebih luas dan kompleks


Contoh notasi diagramatik adalah :
v  State transition networks (STN)
v  Harel's state charts
v  Traditional flow diagrams
v  JSD diagrams
State transition networks (STN)
Komponen STN:
·         Lingkaran, menggambarkan "state" dari sistem
·         Tanda panah, yang terdapat antara state; disebut juga transisi.
Tanda panah ini diberi label yang menjelaskan tentang tindakan user yang menyebabkan transisi dan response dari sistem.
STN dapat menggambarkan beberapa pilihan dialog:
·         Urutan tindakan dan response dari sistem (sequence)
·         Pilihan bagi user (choice)
dari contoh: dari state Menu, user dapat memilih "Circle" sehingga sistem berpindah ke state Circle-1 sehingga option "Circle" highlight; alternatif lain, user dapat memilih "Line" sehingga sistem berpindah ke state Line-1.
·         Iterasi (iteration)
dari contoh: terdapat pilihan dari state Line-2: user dapat melakukan double click pada suatu titik dan menyelesaikan polyline, berpindah ke state Finish; atau user dapat melakukan single click yang berarti menambah titik baru pada polyline sehingga terjadi transisi kembali ke state Line-2
STN Hirarki dapat digunakan untuk mendeskripsikan suatu sistem lengkap.
Flow Chart
·         Flow Chart digunakan untuk mendeskripsikan dialog yang sederhana
·         Flow Chart mudah dimengerti dan simple

Contoh penggunaan flow chart dalam desain dialog:
Keterangan:
·         Persegi panjang adalah screen yang digunakan untuk berkomunikasi dengan user
·         Segi-enam adalah proses dan keputusan yang dibuat oleh sistem
·         Elips "Finish" berarti kembali ke menu utama
·         Tape berarti membaca atau mengubah database
·          
LINK TO PROGRAMMING LANGUAGE
·         Sequences dalam notasi dialog dapat langsung ditransformasikan ke bahasa pemrograman dalam bentuk Sequence and Selection
·         Modularity dalam desain dialog è event handling dalam bahasa pemrograman (misal VB)



  • Share This:  
  •  Facebook
  •  Twitter
  •  Google+
  •  Stumble
  •  Digg
Email ThisBlogThis!Share to XShare to Facebook
Newer Post Older Post Home
View mobile version

0 comments:

Post a Comment

Great! The file uploaded properly. Now click the 'Verify my file' button to complete the process.

Popular Posts

  • MODEL MODEL INTERAKSI
    BAB I PENDAHULUAN A.     Latar Belakang Interaksi adalah suatu jenis tindakan atau aksi yang terjadi sewaktu dua atau leb...
  • ELEMEN PENDUKUNG IMPLEMENTASI IMK
    BAB I PENDAHULUAN A.   Latar Belakang Pada pembahasan sebelumnya, kita sudah mengetahui bagaimana interaksi manusia dan komputer....
  • GROUPWARE
    BAB I PENDAHULUAN A.     Latar Belakang Groupware seperti hal nya teknologi yang baru muncul dan sulit dinamai. Ada beberapa isti...

Blog Archive

  • ►  2016 (5)
    • ►  July 2016 (1)
    • ►  February 2016 (2)
    • ►  January 2016 (2)
  • ►  2015 (5)
    • ►  July 2015 (3)
    • ►  May 2015 (2)
  • ▼  2014 (18)
    • ▼  December 2014 (15)
      • KUMPULAN MAKALAH IMK PERTEMUAN 1 SAMPAI 14
      • JALUR INPUT OUTPUT
      • PENGERTIAN KOMPUTER
      • MODEL MODEL INTERAKSI
      • PRINSIP, PARADIGMA INTERAKSI DAN PROSES
      • MODEL USER DALAM DESIGN
      • ANALISA TUGAS
      • NOTASI DIALOG DAN DESIGN
      • FORMALISASI DAN MODEL-MODEL INTERAKSI
      • ELEMEN PENDUKUNG IMPLEMENTASI IMK
      • TEKNIK EVALUASI DALAM IMK
      • HELP DAN DOKUMENTASI
      • GROUPWARE
      • CSCW(COMPUTER-SUPPORTED COOPERATIVE WORK)
      • SISTEM MULTI SENSOR
    • ►  September 2014 (1)
    • ►  May 2014 (1)
    • ►  April 2014 (1)
  • ►  2013 (3)
    • ►  November 2013 (3)

Total Tayangan Laman

"education is not preparation for life; education is life itself"

kenalan sama author

aa
View my complete profile

Copyright © Coretan Kecil | Powered by Blogger
Design by Hardeep Asrani | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com | Distributed By Gooyaabi Templates