Coretan Kecil

  • Home
  • about me
  • Home
  • kuliner
  • Tradisi Daerah
  • Minangkabau

Saturday, 13 December 2014

PENGERTIAN KOMPUTER

 aa     Saturday, December 13, 2014     makalah imk     No comments   



BAB I
PENDAHULUAN

A.  LATAR BELAKANG
Pada pembahasan sebelumnya, kita sudah mengetahui bagaimana manusia menerima informasi, menyimpan, dan memproses informasi yang diterimanya. Pada bab ini kita akan melihat dan mempelajari bagaimana komputer menerima informasi, menyimpan dan memproses informasi. Komputer dikenal sebagai elemen yang membantu manusia dalam mengerjakan tugas dan berhubungan dengan interaksi manusia dan komputer maka kita perlu memahami komputer dan bagaimana komputer bekerja. Komputer merupakan suatu alat elektronik yang mampu melakukan berbagai tugas, seperti menerima innput, memproses input sesuai perintah dan lain-lain.
Untuk mengetahui bagaimana komputer berinteraksi dengan manusia, disini pemakalah akan membahas tentang Komputer.

B.  RUMUSAN MASALAH
Dari latar belakang di atas maka pemakalah membuat rumusan masalah sebagai berikut:
1.    Apa pengertian dari kompuer?
2.    Bagaimana jalur input atau output komputer ?
3.    Bagaimana memori jangka pendek pada komputer?
4.    Bagaimana memori jangka panjang pada komputer?
5.    Bagaimana proses pada komputer?

C.  TUJUAN
Makalah ini di buat oleh pemakalah bertujuan untuk memberikan informasi tentang Komputer dalam berinteraksi dengan manusia,  yang mungkin sebagian dari mahasiswa atau mahasiswi belum mengetahui media pembelajaran ini tersebut.

BAB II
PEMBAHASAN

A.  PENGERTIAN KOMPUTER
Komputer didefinisikan sebagai perangkat elektronik yang dapat dipakai untuk mengolah data dengan perantaraan sebuah program yang mampu memberikan informasi dan hasil dari pengolahan tersebut. Komputer dapat pula diartikan sebagai suatu mesin yang menerima input untuk diproses dan menghasilkan output.
Sistem komputer terdiri dari processor, memori, I/O. Fungsi dasar yang dibentuk oleh sistem komputer adalah eksekusi program. Program yang akan dieksekusi berisi sejumlah instruksi yang disimpan di dalam memori. CPU akan melakukan tugas ini dengan cara mengeksekusi program.

B.  JALUR INPUT DAN OUTPUT PADA KOMPUTER
Alat input adalah alat yang digunakan untuk menerima input atau masukan dari luar komputer. Input dapat juga disebut energi yang dimasukkan ke dalam suatu sistem. Dalam sistem komputer, input dapat berupa :
1.    Signal input yaitu data yang dimasukkan dalam sistem computer
2.    Maintenance input yaitu program yang digunakan untuk mengolah data yang dimasukkan.
Alat input ada dua, yaitu alat input langsung dan alat input tidak langsung.
a. Alat input langsung
Alat input langsung adalah alat input yang dimasukkan dan langsung diproses oleh CPU, tanpa melewati media lainnya. Alat input langsung ini memungkinkan adanya interaksi langsung pemakai dengan sistem komputer.
1)    Keyboard
2)    Pointing Device
3)    Scaner
4)    Sensor
5)    Voice Recognize
b. Alat input tidak langsug
Memasukkan input secara tidak langsung berarti data yang dimasukkan tidak langsung diproses oleh CPU, tetapi direkamkan terlebih dahulu ke suatu media machice readable from yang berbentuk simpanan luar.
1)   Key-to-card
2)   Key-to-tape
3)   Key-to-disk
Jalur output adalah jalur yang menghasilkan atau mengeluarkan data-data yang berbentuk informasi.
Output yang dihasilkan dari pengolahan data dapat digolongkan ke dalam 4 macam bentuk, yaitu sebagai berikut :
1)   Tulisan, terdiri dari huruf, kata, angka, karakter khusus dan simbol-simbol lain.
2)   Image, di dalam suatu grafik atau gambar.
3)   Suara, dalam bentuk musik atau omongan.
4)   Bentuk yang dapat dibaca oleh mesin (machine-redable form), dalam bentuk simbol yang hanya dapat dibaca dan dimengerti oleh komputer.
Tiga golongan pertama adalah output yang dapat digunakan langsung oleh manusia, sedang golongan yang keempat biasanya digunakan sebagai input untuk proses selanjutnya atau sebagai input untuk komputer yang lain.
Untuk mendapatkan bentuk-bentuk output tersebut, maka dibutuhkan alat untuk menampilkannya, yaiatu alat output atau output device atau output unit. Alat output dapat berbentuk sebagai berikut ini :
1)   Hard-copy device
Hard-copy device yaitu alat yang digunakan untuk mencetak tulisan dan image pada media hard (keras) seperti misalnya kertas atau film. Sifatnya permanen dan lebih portable (dapat dilepas dari alat outputnya dan dapat dibawa ke mana-mana). Alat yang umum digunakan untuk ini adalah printer, plotter, dan alat microfilm.
2)   Drive device
Drive device atau driver yaitu alat yang digunakan untuk merekam simbol dalam bentuk yang hanya dapat dibaca oleh mesin (machine-redable form)  pada media seperti magnetic disk atau magnetic tape. Alat ini berfungsi ganda, sebagai alat output dan juga sebagai alat input menggunakan media magnetic disk misalnya adalah disk drive, dan yang menggunakan media magnetic tape adalah tape drive.

C.  MEMORI
Seperti pada manusia, memori pada komputer dioperasikan pada level-level yang berbeda, karena yang menciptakan komputer adalah manusia maka prinsip dari memori di komputer hampir sama dengan kerja memori pada manusia. Tetapi memori manusia lebih komplex dari pada memori komputer.
1.    Short term memory (Memori Jangka  Pendek)
Seperti halnya manusia, komputer juga mempunyai memori jagka pendek yang disebut RAM (Random Acces Memory). Kapasitas memori ini lebih besar dibanding memori jangka pendek manusia.
RAM juga disebut dengan memori kerja karena informasi yang di dapat hanya disimpan untuk  sementara. Jika komputer tidak lagi mendapatkan daya maka informasi yang tersimpan pada memori ini akan hilang. RAM memiliki waktu akses 100 nanosecond dan daya transfer dengan kecepatan 10 Mbyte/ detik. Pada umumnnya  komputer dekstop memiliki 128 Mbyte sampai 3 Gbytes RAM.
2.    Long term memory (Memori Jangka Panjang)
LTM adalah media penyimpan yang dapat lebih lama menyimpan informasi.  Memori jangka panjang pada komputer tersimpan dalam hard drive, CD, DVD, floppy disk, Memory stick,  dan lain sebagainya.
Banyak teknologi yang mendukung memori jangka panjang ini dengan kapasitas penyimpanan yang selalu meningkat dari waktu ke waktu.
a.    Hard drive                        : 1TB
b.    CD                                   : 800 MB
c.    DVD                                : 9 GB
d.   USB memory stick          : 10 GB
e.    Floppy disk                      :1.2 MB
Semua jenis memori jangka panjang pada komputer dapat dibawa dan bisa dipakai pada komputer lain.

D.  PROSES
Proses merupakan otak dari computer, semakin cepat proses semakin mudah user dalam mendapatkan informasi yang dicari atau didapatnya, selain itu sisi proses ini juga berdampak pada cara manusia berinteraksi, diantaranya :
1.    Dampak jika sistem terlalu lama atau terlalu cepat.
2.    Keterbatasan pada keecepatan pemrosesan.
3.    Jaringan dan dampak pada kinerja sistem.
 

BAB III
PENUTUP

A.  KESIMPULAN
Komputer dikenal sebagai elemen yang membantu manusia dalam mengerjakan tugas dan berhubungan dengan interaksi manusia dan komputer maka kita perlu memahami komputer dan bagaimana komputer bekerja. Komputer merupakan suatu alat elektronik yang mampu melakukan berbagai tugas, seperti menerima innput, memproses input sesuai perintah dan lain-lain.

B.  SARAN
Manusia pasti memiliki kekurangan seperti halnya dalam pembuatan makalah ini pun kami banyak sekali kekurangan. Untuk itu, kami selalu mengharap kritik dan saran dari pembaca guna kemajuan bersama.
DAFTAR PUSTAKA

Nogroho, Yanuar. 1998. Memilih dan Menggunakan Komputer. Jakarta : Puspaswara.

Ryer, Jeanne C. 1996. Buku Saku Kesegaran dan Kesehatan Dalam Internet. Jakarta : Gramedia

Shirky, Clay. 1995. Teknologi Komputer. Jakarta : Gramedia

Johnso, P. Human-Computer Interaktion: Psychology, Task Analysisi and Software Engineering. McGraw-Hill, England UK, 1992




  • Share This:  
  •  Facebook
  •  Twitter
  •  Google+
  •  Stumble
  •  Digg
Email ThisBlogThis!Share to XShare to Facebook
Newer Post Older Post Home
View mobile version

0 comments:

Post a Comment

Great! The file uploaded properly. Now click the 'Verify my file' button to complete the process.

Popular Posts

  • MODEL MODEL INTERAKSI
    BAB I PENDAHULUAN A.     Latar Belakang Interaksi adalah suatu jenis tindakan atau aksi yang terjadi sewaktu dua atau leb...
  • ELEMEN PENDUKUNG IMPLEMENTASI IMK
    BAB I PENDAHULUAN A.   Latar Belakang Pada pembahasan sebelumnya, kita sudah mengetahui bagaimana interaksi manusia dan komputer....
  • GROUPWARE
    BAB I PENDAHULUAN A.     Latar Belakang Groupware seperti hal nya teknologi yang baru muncul dan sulit dinamai. Ada beberapa isti...

Blog Archive

  • ►  2016 (5)
    • ►  July 2016 (1)
    • ►  February 2016 (2)
    • ►  January 2016 (2)
  • ►  2015 (5)
    • ►  July 2015 (3)
    • ►  May 2015 (2)
  • ▼  2014 (18)
    • ▼  December 2014 (15)
      • KUMPULAN MAKALAH IMK PERTEMUAN 1 SAMPAI 14
      • JALUR INPUT OUTPUT
      • PENGERTIAN KOMPUTER
      • MODEL MODEL INTERAKSI
      • PRINSIP, PARADIGMA INTERAKSI DAN PROSES
      • MODEL USER DALAM DESIGN
      • ANALISA TUGAS
      • NOTASI DIALOG DAN DESIGN
      • FORMALISASI DAN MODEL-MODEL INTERAKSI
      • ELEMEN PENDUKUNG IMPLEMENTASI IMK
      • TEKNIK EVALUASI DALAM IMK
      • HELP DAN DOKUMENTASI
      • GROUPWARE
      • CSCW(COMPUTER-SUPPORTED COOPERATIVE WORK)
      • SISTEM MULTI SENSOR
    • ►  September 2014 (1)
    • ►  May 2014 (1)
    • ►  April 2014 (1)
  • ►  2013 (3)
    • ►  November 2013 (3)

Total Tayangan Laman

"education is not preparation for life; education is life itself"

kenalan sama author

aa
View my complete profile

Copyright © Coretan Kecil | Powered by Blogger
Design by Hardeep Asrani | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com | Distributed By Gooyaabi Templates