BAB I
PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang
Interaksi
adalah suatu jenis tindakan atau aksi yang terjadi sewaktu dua atau lebih
objek mempengaruhi atau memiliki efek satu sama lain.
Para perancang antarmuka manusia dan komputer berharap agar sistem
komputer yang dirancangnya dapat bersifat akrab dan ramah dengan penggunanya
(user friendly). Untuk membuat antarmuka yang baik dibutuhkan pemahaman
beberapa bidang ilmu.
Sebenarnya tanpa kita sadari penggunaan
keyboard ataupun mouse merupakan suatu interaksi manusia dengan computer yang
dapat ditampilkan melalui layer monitor. Selain itu contoh penerapannya
terdapat pada bidang bisnis yaitu Suatu perusahaan software membuat produk baru
yang lebih memudahkan user dalam memenuhi kebutuhan dibandingkan dengan produk
sebelumnya.
B.
Rumusan Masalah
1. Apa saja model- model dari interaksi?
2. Apa itu ergonomi?
3. Apa saja tipe- tipe dari interaksi?
4. Apa saja yang termasuk kedalam konteks
interaksi?
C.
Tujuan
Makalah ini penulis
buat bertujuan agar penulis khususnya, mahasiswa dan pembaca umumnya dapat
menguasai dan memahami tentang interaksi manusia dan computer. Selain itu juga
sebagai salah satu tugas terstruktur dalam mata kuliah interaksi manusia dan
computer.
BAB
II
PEMBAHASAN
Interaksi manusia dan komputer adalah sebuah
hubungan antara manusia dan komputer yang mempunyai karakteristik tertentu
untuk mencapai suatu tujuan tertentu dengan menjalankan sebuah sistem antarmuka
(interface).
A.
Model - model Interaksi
Model Interaksi
berfungsi untuk mempermudah user memahami sistem pada komputer. Model Interaksi dibagi
atas:
1) Model Konsep
Menerangkan tentang
sistem yang dicadangkan dalam bentuk ide dan konsep yang dimiliki sistem,
seperti bagaimana perlakuan sistem, dan bagaimana pengguna berinteraksi dengan
sistem. Sehingga user dapat memahami dan sesuai dengan keinginan user.
2) Model Matematika
Model matematika untuk
tujuan tertentu pada sistem interaktif, digunakan untuk menjelaskan properti
kegunaan pada level umum.
3) Formal model PIE
Formal model PIE
digunakan untuk mengekspresikan properti interkatif umum untuk mendukung
tingkat kegunaan.
4) Informal arsitektur interaktif (MVC, PAC, ALV)
Informal arsitektur
interaktif (MVC, PAC, ALV) digunakan untuk memotivasi pemisahan dan
modularisasi fungsionalitas dan presentasi.
5) Semi-formal analisis status event
Semi-formal analisis
status event digunakan untuk melihat potongan suatu sistem interaktif yang
terentang pada beberapa layer.
6) Mental model
Pemakai (user) dapat
dikatakan sudah memiliki model mental terhadap system apabila ia telah memahami
bagaimana system itu bekerja, apa saja komponen system tersebut, bagaimana
hubungan, apa saja proses-proses internalnya, dan bagaimana operasi internal
tersebut mempengaruhi komponen-komponennya.
B. Ergonomi
Merupakan suatu bidang
studi yang menangani perancangan kegiatan dan tugas yang cocok dengan kapasitas
manusia dan limitnya serta faktor kenyamanan kerja seperti kenyamanan dari segi
anatomi, psikologi, manajemen, tata letak ruang dan peralatan yang mudah
dijangkau bagi manusia dalam melaksanakan aktifitasnya.
Aspek ergonomi berhubungan dengan aspek fisik untuk mendapatkan lingkungan
kerja yang nyaman, misal : bentuk meja dan kursi kerja, layar tampilan, bentuk
keyboard, posisi duduk, pengaturan lampu, kebersihan tempat kerja.
Keuntungan
Penerapan Ergomomi:
1.
Produktifitas meningkat
- Aktifitas lebih baik karena adanya faktor kenyamanan layanan dalam melakukan pekerjaan.
- hasil kerja lebih baik karena sistem yang diopersikan lebih familiar
- Efisiensi dan efektif dalam pengoperasian sistem.
C. Tipe Interaksi
1.
Command Line Interface(CLI)
Model interaksi ini
dianggap ketinggalan jaman dan termasuk salah satu model interaksi tersulit
bagi para pengguna pemula. Dengan CLI, user memberikan instruksi secara
langsung kepada komputer menggunakan tombol fungsi, karakter tunggal, command
dalam bentuk singkat maupun panjang. Contoh : Linux, Unix(Terminal Console),
Command Prompt
2.
Menu
Bagi para pemula model
interaksi ini lebih mudah digunakan, karena strukturnya lebih jelas dan letak
yang mudah dikenali, kelemahan dari model ini adalah keterbatasan pilihan bagi
para pengguna. Contoh : aplikasi pada windows dan sistem operasi lainnya
3.
Natural Language
Model interaksi ini
menekankan perintah dari pengguna kepada sistem dengan menggunakan bahasa
“sehari hari”. Mungkin merupakan mekanisme komunikasi yang atraktif. Umumnya,
komputer tidak dapat mengerti instruksi yang dituliskan dalam bahasa
sehari-hari. Natural language dapat mengerti input tertulis (written input) dan
suara (speech input). Namun masih ada kekurangan dalam hal ambiguity
(kerancuan) pada aspek sintaks dan semantik. Contoh : Pascal, Cobol, C, C++
BAB III
PENUTUP
1.
Kesimpulan
Interaksi adalah suatu jenis
tindakan atau aksi yang terjadi sewaktu dua atau lebih
objek mempengaruhi atau memiliki efek satu sama lain.
Interaksi manusia
dan computer memiliki 6 pembagian model model, yaitu Model Konsep, Model Matematika, Formal, Model
PIE,
Informal arsitektur interaktif (MVC,
PAC, ALV), Semi-formal analisis status event , Mental
model
2.
Saran
Penulis menyadari
banyak terdapat kekeliruan dalam penulisan makalah ini, maka penulis
mengharapkan masukan dan kritikan yang membangun dari para pembaca demi
kesempurnaan makalah ini. Atas masukan kritikan dan sarannya penulis ucapkan
terima kasih.
DAFTAR
PUSTAKA
0 comments:
Post a Comment