BAB
II
PEMBAHASAN
A. APAKAH
NOTASI DIALOG DAN DESIGN ITU?
Notasi Dialog dan Design adalah Pertukaran
instruksi dan informasi antara user dan sistem komputer.
Dialog dalam konteks perancangan user interface adalah:
Dialog dalam konteks perancangan user interface adalah:
struktur dari
percakapan antara user dan sistem computer
Bahasa
komputer dapat dibagi atas tiga tingkatan:
1. Leksikal
Ø merupakan
tingkat yang paling rendah
Ø yaitu
bentuk icon pada layar
Ø pada
bahasa manusia, ekuivalen dengan bunyi dan ejaan suatu kata
2. Sintaksis
Ø yaitu
urutan dan struktur dari input dan output
Ø pada
bahasa manusia, ekuivalen dengan grammar suatu kalimat
3. Semantik
Ø yaitu
arti dari percakapan yang berkaitan dengan pengaruhnya pada struktur data
internal komputer dan/atau dunia eksternal.
Ø pada
bahasa manusia, ekuivalen dengan arti yang berasal dari para partisipan dalam
percakapan
Dalam user interface, istilah dialog hampir mirip dengan
tingat sintaksis, tapi juga meliputi sifat-sifat leksikal.
Dialog manusia-komputer
·
Berbeda dengan
dialog antar manusia pada umumnya, dialog dengan komputer biasanya terstruktur dan terbatas
- Beberapa ciri-ciri dari dialog terstruktur yang nantinya ditemukan dalam dialog komputer:
-
menyebutkan
beberapa hal tertentu secara berurutan
-
beberapa bagian
dari dialog dilakukan secara bersamaan (concurrently)
-
dialog
berikutnya tergantung pada respons dari partisipan
-
dialog
terstruktur biasanya tidak langsung menuju pada arti kata-katanya / semantik
tapi pada level sintaksis
PROSES PERANCANGAN DIALOG
Advice:
1.
|
1
rangkaian dialog 1 goal
2. Beberapa
rangkaian dialog tambahan digunakan untuk user support, mis. help system,
tutorial sub-sytem
3. Rangkaian
dialog diurutkan sesuai dengan struktur tugas
DFD untuk desain dialog
|
Contoh: Sistem Pemesanan Buku di Perpustakaan
·
Prinsip yang
digunakan dalam desain dialog adalah membagi sistem menjadi beberapa bagian
yang disebut module
·
Biasanya user
access bukan merupakan bagian dari task description, tapi harus dimasukkan
dalam sistem yang baru
·
Empat hal utama
dalam desain yang harus diperhatikan dalam GUI metaphor:
-
Pemilihan dan
representasi dari conceptual metaphor
-
Representasi
dari obyek interaktif dalam metaphor
-
Perancangan
manipulasi untuk mengimplemen-tasikan user action
-
Desain
micro-metaphors untuk control action dan representasi dari commands
Dalam mendesain dialog, diperlukan deskripsi yang
terpisah dari program secara keseluruhan.
Mengapa perlu
digunakan notasi deskripsi dialog yang terpisah?
·
Agar mudah
dianalisa
·
Pemisahan
elemen-elemen interface dari logika program (semantik)
·
Apabila notasi
dialog ditulis sebelum program dibuat, maka notasi tersebut bisa membantu
desainer untuk menganalisa struktur yang diajukan.
NOTASI
DIAGRAMATIK
·
Notasi
diagramatik paling sering digunakan dalam desain dialog
·
Kelebihan:
Ø Memungkinkan
desainer untuk melihat secara sekilas struktur dialog
·
Kekurangan:
Ø Sulit
untuk menjelaskan struktur dialog yang lebih luas dan kompleks
Contoh notasi
diagramatik adalah :
v State
transition networks (STN)
v Harel's
state charts
v Traditional
flow diagrams
v JSD
diagrams
State transition
networks (STN)
Komponen
STN:
·
Lingkaran,
menggambarkan "state" dari sistem
·
Tanda panah,
yang terdapat antara state; disebut juga transisi.
Tanda panah ini diberi label yang
menjelaskan tentang tindakan user yang menyebabkan transisi dan response dari
sistem.
STN
dapat menggambarkan beberapa pilihan dialog:
·
Urutan tindakan
dan response dari sistem (sequence)
·
Pilihan bagi
user (choice)
dari contoh: dari state Menu, user
dapat memilih "Circle" sehingga sistem berpindah ke state Circle-1
sehingga option "Circle" highlight; alternatif lain, user dapat
memilih "Line" sehingga sistem berpindah ke state Line-1.
·
Iterasi
(iteration)
dari contoh: terdapat pilihan dari
state Line-2: user dapat melakukan double click pada suatu titik dan
menyelesaikan polyline, berpindah ke state Finish; atau user dapat melakukan
single click yang berarti menambah titik baru pada polyline sehingga terjadi
transisi kembali ke state Line-2
STN
Hirarki dapat digunakan untuk mendeskripsikan suatu sistem lengkap.
Flow Chart
·
Flow Chart
digunakan untuk mendeskripsikan dialog yang sederhana
·
Flow Chart mudah
dimengerti dan simple
Contoh
penggunaan flow chart dalam desain dialog:
Keterangan:
·
Persegi panjang
adalah screen yang digunakan untuk berkomunikasi dengan user
·
Segi-enam adalah
proses dan keputusan yang dibuat oleh sistem
·
Elips
"Finish" berarti kembali ke menu utama
·
Tape berarti
membaca atau mengubah database
·
LINK
TO PROGRAMMING LANGUAGE
·
Sequences dalam
notasi dialog dapat langsung ditransformasikan ke bahasa pemrograman dalam
bentuk Sequence and Selection
·
Modularity dalam
desain dialog è
event handling dalam bahasa pemrograman (misal VB)
0 comments:
Post a Comment